Rabu, 13 Oktober 2021

4 Langkah Menuju Kedamaian Pikiran

portalteknogeeks.com merupakan media online yang mempunyai visi “Media Informasi Terpercaya”. Dengan misi menyediakan informasi terbaru seputar dunia teknologi, gadget, smartphone, social media, komputer dan seputar teknologi Politik Olahraga Sosial dan lainnya yang di himpun dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan.


Seorang teman memiliki kutipan ini di dinding kantornya: "Saya tahu kekhawatiran berhasil karena tidak ada yang saya khawatirkan pernah terjadi."




Saya pikir saya harus percaya itu, karena saya sangat khawatir -- dan tentang hal-hal yang paling tidak penting. Saya khawatir tentang hal-hal besar, tentu saja, seperti kesehatan, hubungan, dan keuangan. Tapi saya juga cenderung khawatir tentang apa pun dan segala sesuatu yang menemukan jalannya ke dalam kesadaran saya.

Karena saya menghabiskan begitu banyak waktu untuk khawatir, saya memutuskan untuk menerimanya dengan proyek penelitian pribadi. Mungkin Anda ingin bergabung dengan saya.

Berikut adalah dua jalan yang saya jelajahi:

1) Saya berlatih menangkap diri saya sendiri. "Hei, aku khawatir lagi." Selama berenang pagi baru-baru ini, saya mendapati diri saya khawatir 10 kali selama satu putaran! Aku tidak bercanda. Pada hari-hari langka ketika saya tidak memiliki apa pun untuk dikhawatirkan, saya menemukan sesuatu. Apa yang saya pelajari adalah bahwa kekhawatiran adalah kebiasaan mental. Saya bisa mengubah kebiasaan; Aku sudah melakukannya sebelumnya. Ada harapan.

2) Pendekatan kedua saya adalah mempraktikkan kehadiran. Dengan ini saya berarti menghentikan pikiran saya. Dalam lokakarya saya, saya membunyikan bel untuk membantu peserta berlatih keterpusatan. 

Semakin tenang kita, semakin lama kita mendengar bel. Ada saat yang indah ketika kita semua mendengarkan. . . sampai cincin itu hampir tidak terdengar. . . maka hanya kenangan. Saya menikmati saat-saat hening sebelum pikiran saya terlibat kembali. 

Tidak ada masa depan atau masa lalu, hanya Sekarang. Tidak ada pikiran yang mengkhawatirkan -- tidak ada pikiran sama sekali. Ini adalah tempat yang damai, itulah sebabnya saya meregangkan momen. Saya ingin memperkuat hubungan dengan sesuatu yang lebih besar dari kekhawatiran saya.

3) Ketika saya memberi tahu teman baik saya Rosie tentang proyek kekhawatiran saya, dia memberi tahu saya tentang pendekatannya, yaitu melakukan salah satu dari tiga hal: memutuskan untuk menangani masalah saat itu juga; jika Anda tidak dapat berbuat apa-apa saat ini, beri diri Anda waktu untuk mengatasinya nanti; atau memutuskan bahwa itu tidak penting dan membiarkannya pergi. Dengan kata lain, bertindak berdasarkan itu, arsipkan atau buang.

4) Akhirnya, salah satu penghenti kekhawatiran favorit Rosie (dan saya) adalah bernyanyi. Terhubung dengan diri Anda, kreativitas Anda, dan tempat di mana semuanya benar-benar baik-baik saja.

Kesadaran dan pengakuan adalah kunci untuk mengubah kebiasaan kita. Morihei Ueshiba, yang mendirikan aikido dan menyebutnya sebagai Seni Damai, mengatakan bahwa kita harus "selalu mempraktikkan Seni Damai dengan cara yang bersemangat dan menyenangkan." Mungkin proyek penelitian saya tentang kekhawatiran akan membantu saya untuk meringankan, tersenyum, dan hidup setiap hari sedemikian rupa.

Apakah Anda khawatir? Hentikan pikiranmu sejenak. Dengarkan suara di sekitar Anda, perhatikan, dan hadiri momen penting ini. Dan tersenyum. . . tanpa alasan. Anda mungkin menemukan itu alasan terbaik dari semuanya.

0 komentar

Posting Komentar